Beasiswa Cendekia BAZNAS Al Azhar, Kairo

 

Setiap tahun Indonesia mengirimkan lebih dari  seribu mahasiswa yang kuliah di Al Azhar Kairo. Sebagian besar dari para mahasiswa baru, berasal dari keluarga dhuafa. Tahun 2019, BAZNAS memberikan kesempatan kepada 40 mahasiswa baru al Azhar yang telah dinyatakan lulus oleh Kementerian Agama mendapatkan beasiswa. 40 Penerima Beasiswa ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam penyeleksian beasiswa ini, BAZNAS tidak sendirian. BAZNAS juga didampingi oleh perwakilan PPMI Mesir (Perhimpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia – Mesir) untuk melakukan seleksi. Selain itu BAZNAS juga bekerjasama dengan PPMI Mesir guna memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para mahasiswa. Dengan adanya pembinaan dan pendampingan ini diharapkan dapat membantu para penerima beasiswa untuk dapat mingkatkan kemampuan Bahasa dan akademik mereka. Beasiswa yang diberikan adalah Bantuan tiket senilai Rp 4.200.000 untuk keberangkatan awal serta Uang Saku senilai Rp 700.000 per bulan selama 2 tahun.

Status : Beasiswa Al Azhar tahun ini tidak dibuka mengingat Kementerian Agama tidak melakukan seleksi keberangkatan kuliah ke Al Azhar.